Home

  • Freaker

    Selamat Datang

    Selamat datang freaker !! Blog ini resmi saya rilis setelah 2 hari di permak.Silahkan untuk menikmati setiap tulisan yang ada
  • Kotak Biru Berhiaskan Pita Merah Jambu

    Kotak Biru Berhiaskan Pita Merah Jambu

    Anggun..Mungkin itulah yang tergambar pertama kali dalam benaknya saat berpapasan dengan seorang gadis di Taman Anggrek 5 tahun yang lalu..
  • Ameliorate

    Ameliorate

    Banyak hal yang menarik , bila memandang hidup yang kita jalani lewat berbagai prespektif.Ketika hidup dirasa tak adil , ketika menghakimi
  • Malam Terakhir di Mekkah

    Malam Terakhir di Mekkah

    Pagi menjelang subuh pkl 1.00 AST – 6.00 WIB Wajah cantiknya semakin tersapu oleh dinginnya malam, lengkungan garis hitam
  • Ku Harap Esok

    Pertama kalinya lagi aku seperti ini, seperti kacau semacam tak bisa lepas dari sesuatu yang entah itu apa entah aku tidak mengerti.

Kamis, 23 Juni 2011

Sepotong Cerita Dari Papua

Posted by Freaking Writer | On: , |
Judulnya aneh!?Hhee…
Saya emang belum pernah ke Papua..
Ngapain,udah jauh and ongkosnya mahal,paling saya cuma bisa menikmati jaya Wijaya..
Dan kayaknya gak seru deh…
Sebelum saya bertemu dengan seseorang…

Namanya Lucas,tapi dia minta saya memanggilnya Alex(pengen gaul kayaknya.. :P)..
Umurnya,kurang tau juga..
Lagian ngapain nanyain umur dia!?Kayak tukang sensus aja..
Tapi sebagai referensi,dia lulus SMA taon 2006 (Sebenernya gak bisa jadi acuan,siapa tau dia SD-nya 10 taon!?)..


Dia orang Papua asli yang tersesat di kota kembang (Gilaaa…)..
Kebetulan dia ngambil kelas Borland Delphi sama dengan saya..
Pas ketemu di kelas,saya sedikit terkejut (Homo Sapiens versi awal pegang laptop,siapa yang gak kaget!?Hhee..)..
Dia pake HP Atom 1,6 GHz…Ram 1GB dan hardisk palingan 120 GB..
Lho kok!?
Tentu aja,spek laptop kayak gitu gak mumpuni buat programing..
Lagian yang kayak gitu lebih lazim di panggil netbook..
Yang khusus pasarnya buat user consumer,atawa orang yang gunain laptopnya tuw cuma buat browsing,chating,listening,ngising(Huus,ngawur..)..
Dan dia pake tuw netbook buat programing!?
Ckckckc…
Lelet dong…!!!
Namun alih-alih meledek saya malah kagum,kenapa!?
Karena hal kontras yang tersaji di hadapan saya,seorang papua yang notabene wilayah tertinggal.Penduduknya masih suka pake baju setengah jadi (Saya jadi curiga,desain rancangan Rude or Nude Lingery kayaknya nyontek dari Papua.. :P) makan umbi-umbian dan sugu (sagu goblok!!) trus gak pernah sisiran pula bisa mengoprasikan benda ajaib bernama komputer..
Oooww..
Tampaknya saya terlalu mendramatisir..
Kita persingkat saja kesan pertama ketemu dan materi-materi pascal yang mumet…
Akhirnya pulang juga :D..

Alhamdulillah,turun hujan (Sebenarnya kessel!!!Saya lagi namatin Gran Turismo PS2,dan pengen buru-buru pulang)..
Akhirnya,saya terjebak deng..
Ummpp..
Mata saya tertuju..
Pada sosok gelap di sudut kursi..
Tatapanya tajam…
Dan dia tersenyum!!
Giginya gak putih-putih banget..

Saya pun menghampiri..
Iaa,dia ituw si Lucas A.K.A Alex..
Saya jadi penasaran pengen kenal dia lebih deket..
Siapa tau temen-temen cewe ada yang minta cowo,saya serahin aja dia!!

Yaa…
Mulailah berbasa-basi..
Saya antusias sekali bertanya-tanya tentang Papua,dan sebal ketika dia berbicara (Logatnya itu lho,kitorang,durong,garong!!Hhee..) gak nahan..Saya gak ngerti apa yang dia omongin..Ooow saya harus maklum,homo sapiens versi awal memang agak sulit berkomunikasi verbal..
Dan scene ubral-obrol itu pun berlangsung:

Saya :: .Hei mas,minat delphi juga!?(Kebiasaan buruk,panggil mas sama orang yang gak dikenal)..
Dia :: .Ia,kitorang pelajari komputer sangat suka :D ..
Saya :: .Oww (Gustiii nu alloh)...
Dia :: .Sudah lama belajar delphi!?
Saya :: .Lumayan lah,Kamu asli Papua ya!?
Dia :: .Ia,kitorang merantau ke negeri seberang itu sering.
Saya :: .OooooOOOOoooooOOooo…
Dia :: .zzzzzzwwzzz..
Saya :: .vhjvhs$#@%!&*?..

(Okey,lebih baik saya menceritakanya dengan metode narasi saja..)

Dan akhirnya bagai menemukan mainan baru,saya benar-benar gak bosen buat ngoprek..

Kelly Kwalik,adalah hal pertama yang saya tanyakan..
Cukup simple pertanyaan saya,"Kelly Kwalik tuw siapa!?"
Yang saya tau,dia separatis OPM yang tewas,orang paling di cari karena makar namun memiliki pendukung yang banyak..
Saya mencari sudut pandang lain dari sisi lain..
Dari orang pribumi..
Papua itu sendiri..

"Dia sebenarnya guru SD yang bersahaja,mengabdi untuk kecerdasan anak-anak Papua.namun Dia merasa kalo pemerintah gak adil.Tiap hari dia bolak-balik puluhan kilometer,dengan sarana dan prasarana transportasi yang buruk.Dan dia,memperjuangkan apa yang harusnya rakyat Papua dapatkan".Dia menjelaskan..

Saya..
Saya cukup terkejut..
Anggapan saya terhadap seorang Kelly pada awalnya ialah sosok manusia yang haus kekuasaan.
Ingin merdeka,karena dia ingin menjadi pemimpin..
Ingin menguasai tanah papua..
Namun setelah panjang lebar si Lucas A.K.A Alex itu menjelaskan,pandangan saya sedikit berbelok..

Adalah Papua,sebuah pulau paling timur negeri ini..
Dengan segala kekayaan alamnya yang luar biasa..
Tambang emas menjanjikan kemakmuran..
Dan bila kita melihat rakyatnya,justru menjadikan sebuah ironi..
Alex menjelaskan dengan air muka mendung..
Dia terlihat murung waktu menceritakan bahwa di daerahnya banyak orang yang masih buta huruf..
Sulit untuk mendapatkan ilmu..
Alhamdulillah..
Bersyukurlah saya dilahirkan di pulau jawa..
Dimana aksebilitas terhadap pengetahuan sangatlah terbuka..
Lalu kenapa kita masih enggan untuk belajar ketika ada saudara se-bhineka tunggal ika kita yang haus akan ilmu namun kurang kesempatan!?
Saya ikut sedih juga,mendengar kisah-kisah si Alex..

Selepas lulus SMA,dia merantau setaun ke Menado,ke Surabaya dan sampailah di kota kembang..
Cari pengalaman dan menambah wawasan katanya..
Saya kagum,nyali juga nie orang..

Freeport..
Adalah topik kedua yang saya tanyakan..
Wah,mahal-mahal barang di situ.
Rokok sebungkus aja Rp.20.000. (kalo saya di taruh disana 1 bulan,kayaknya saya berenti ngerokok!! :D..)
Dan ternyata,transportasi di sana banyak gunain pesawat terbang..
Karena jalur darat sangat terbatas jangkauanya..
Ke Wamena,wajib pake pesawat..
Soalnya daerah atas katanya..
Tapi yang saya heran,gak ada sedikitpun raut kebencian terhadap Freeport..
Padahal menurut saya,ada ketimpangan pembagian jatah disini..
Tanah papua yang kekayaanya di keruk abis-abisan,hasilnya cuma di nikmati segelintir orang dan ekspatriat sialan..
Mungkin dia gak tau akan hal itu..
Mungkin karena pendidikan yang kurang,dia tak menyadarinya..

Akhirnya..
Ada juga cerita yang menyenangkan..
Ketika dia dengan tersenyum senang karena membeli motor dengan harga murah..
Dari Aussie katanya..
Orang sana rusak busi aja maen buang aja..
Dan rakyat papua dengan senang hati menyelundupkanya..
Ke kampung halamanya..

Saya tersenyum..
Mungkin tertawa tepatnya..
Tanpa sadar dia telah membukakan mata saya..
Mata hati saya..
Tentang sebuah pulau di timur sana..
Pulau terlupakan..
Pulau incaran..
Tanah Papua..

Ketika hujan reda kami pun pergi berlawanan arah..
Dia bilang "Kapan-kapan saya ajak kamu ke Papua!!"..
Saya tersenyum sambil mengangguk kecil..
Dalam hati saya "Kayaknya enggak deh,saya belum siap pake koteka.Sieun merang!!" hhee..



Simak Juga Posting Lainnya: