Home

  • Freaker

    Selamat Datang

    Selamat datang freaker !! Blog ini resmi saya rilis setelah 2 hari di permak.Silahkan untuk menikmati setiap tulisan yang ada
  • Kotak Biru Berhiaskan Pita Merah Jambu

    Kotak Biru Berhiaskan Pita Merah Jambu

    Anggun..Mungkin itulah yang tergambar pertama kali dalam benaknya saat berpapasan dengan seorang gadis di Taman Anggrek 5 tahun yang lalu..
  • Ameliorate

    Ameliorate

    Banyak hal yang menarik , bila memandang hidup yang kita jalani lewat berbagai prespektif.Ketika hidup dirasa tak adil , ketika menghakimi
  • Malam Terakhir di Mekkah

    Malam Terakhir di Mekkah

    Pagi menjelang subuh pkl 1.00 AST – 6.00 WIB Wajah cantiknya semakin tersapu oleh dinginnya malam, lengkungan garis hitam
  • Ku Harap Esok

    Pertama kalinya lagi aku seperti ini, seperti kacau semacam tak bisa lepas dari sesuatu yang entah itu apa entah aku tidak mengerti.

Kamis, 23 Juni 2011

nasi padang

Posted by Freaking Writer | On: , |

Waktu saya tanya tentang rasa nasi padang jawaban kebanyakan orang jawaban mereka seragam "pedas", tentu kalo ga pedes ya bukan nasi padang, kalo manis berati gudeg jogja. Bukan kurang kerjaan loh tapi saya memang penasaran sama yang namanya nasi padang ini. Dimana-mana selalu ada nasi padang, apa ya yang bikin orang suka banget sama nasi padang?. 




Saya juga emang suka sama nasi padang terlebih lagi mamah orang padang juga, jadi ya otomatis, hal yang biasa. Hal yang luar biasanya ternyata ga hanya orang padang aja yang suka sama nasi padang, segala orang dari segala suku di indonesia suka sama nasi padang.

Beberapa keunikan dari nasi padang sejauh yang saya kenal
1. Nasi padang itu kalo kita mesen porsi nasinya pasi banyak, super banyak (entah kenapa)
2. Kalo mesen nasi padang tanpa diminta si pelayan pasti ngasih lalabnya (daun singkong), sambel ijo (padahal lauknya udah pedes ya, ditambah lagi sambel), campuran kuah (kuah gule dan kuah-kuah yang lainnya juga), bumbu rendang (padahal lauknya belum tentu rendang).

Sebenarnya ada hal-hal yang sudah tidak lagi orisinil. Waktu saya tanya beberapa orang keturunan padang asli (berarti ayah & ibunya juga padang, bukan campuran). Saya tanya sama mereka jawaban mereka sungguh membuat saya kecewa

"Uda, gimana rasanya nasi padang di Bandung?" tanya saya
"Manis, di. Sambalnya enggak asli"

Jawaban yang menyayat hati bagi saya pecinta nasi padang. Berarti nasi padang dibandung udah ga asli donk?. Menurut si uda itu, memang jenis-jenis makanannya udah bener seperti rendang, sambel udang, sambel terong, gulai ayam, ayam balado, dan lain-lain. Hanya saja cabainya enggak asli (menurut si uda). Saya jadi bertanya-tanya, (loh emang cabe ada yang palsunya yah?. cabe yang asli gimana? apa bedanya sama cabe yang palsu). Setelh saya pikir-pikir, mungkin takaran cabe nya ga memenuhi syarat sebagai pedas asli padang ataupun pemilihan cabenya salah (bukan cabe keriting tapi cabe biasa) karena menurut si uda "cabe nya harus cabe keriting di"

Si Uda ini baik juga mau mengobati rasa penasaran saya yang akhirnya saya dibawa ke rumahnya.

NB : si uda ini orang asli padang, tinggal di bandung untuk kerja, dan dia jago masak juga rupanya

Eits... sebelum ke rumah si uda, daya diajak dulu ke pasar terdekat. Nah disana si uda belanja ini itu bahan pangan, yang pasti dia beli cabe (lucu nih si uda, saking dia ga mau salah beli cabe, dia makan cabe itu mentah-mentah di di pasar cuma untuk tau keaslian cabe itu dan tentunya kualitas pedasnya cabe itu).

Sesampainya di rumah si uda dengan keren dan luar biasa menurut saya, langsung menuju dapur. Tanpa basa-basi si udad ini layaknya koki handal langsung memasak, memootong, mencampur adukan bumbu-bumbu, dan sebagainya (saya ga boleh ikutan bantu, jadi saya cuma duduk2 aja).

Si uda waktu itu dibantu oleh mamahnya sih sebenrnya tapi menurut saya tetep aja keren.

Menghabiskan waktu cukup lama sampai semua makanan itu dalam kondisi siap untuk disantap, mengingat saya yang sampai ketiduran sepertinya lumayan lama, kalo di itung-itung ya sekita3 3-4 jam.

Akhirnya moment itu tiba juga, saatnya lidah sya mengecap keaslian nasi padang. DIhadapan saya sudah siap (mengepulkan asap)satu porsi nasi padang. Dengan tetk bengeknya dan lauk utamanya yaitu sambal terong+rendang.

Haaaapppppp (huapan besar)

tak pelak panas campur pedas (saya ga bisa ngomong). saya makan dulu ya...


......dua gelas air putih sebenarnya ga cukup untuk menghilangkan rasa pedasnya. Masih menyala-nyala bagai api diseluruh rongga bagian mulut saya, tenggorokan panas, lambung seakan terbakar. Inilah ternyata rasa nasi padang yang asli, bener-bener luar biasa dan memang jauh berbeda dengan nasi padang bandung.

Rasa penasaran terjawab sudah,saya akhirnya bisa tau rasanya nasi padang orisinil.

Buat pembaca sekalian kalo mau ngerasain nasi padang asli tanyalah orang padang asli.

Tulisan ini saya buat secara umum untuk menggambarkan kepada pembaca betapa unik budaya kita INDONESIA. Begitu banyak keaneka - ragamannya, yang sebenrnya kalo rajin mau mencari dan mempelajari, mungkin ga cukup selembar dua lembar kertas buat dijadikan esai atau bahkan novel.

Bangga lah dengan budaya kita meski kita tau dengan kondisi negara yang sedang carut marut. Tapi kebudayaan tak boleh punah, tetap jaga dan lestarikan, kebangkan ke negara orang tentang INDONESIA.

:D. be proud of ourself, our blood INDONESIA. 

_Ahmad Mahadi_




Simak Juga Posting Lainnya: